Mengenai Saya

senang bisa membantu adik-adik di luar sana yang ingin kuliah..semangat! jika ada yang membutuhkan sesuatu silakan kontak saya melalui shoutbox

Melamar Pekerjaan dengan IPK Rendah ( SUmber : mesinmimpi.worpress.com)

Tentu saja saya pasti memiliki IPK rendah, seberapa rendah? Yang pasti sempat membuat kaget dosen pembimbing saya ketika dia melihat nilai saya saat sidang sarjana. Pada saat sekarang ini melamar pekerjaan saja sudah susah apalagi dengan IPK rendah, belum lagi ketika pelamarnya adalah orang yang keras kepala seperti saya. Saya hanya ingin membagi pengalaman saya ketika berusaha mencari kerja dengan modal seadanya.

Sebenarnya ketika lulus saya sudah diterima bekerja di suatu perusahaan swasta, namun saya segera keluar karena terjadi persaingan tidak sehat dengan rekan kerja. Pertimbangan saya adalah tidak ada gunanya berlama-lama di perusahaan dimana saya tidak merasa nyaman. Dengan percaya diri saya mengajukan pengunduran diri sebelum diterima di perusahaaan lain, maka dimulailah kisah ini.

Saya mendapat e-mail dari teman kuliah bahwa ada lowongan di salah satu perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia, ketika pertama melihat requirementnya membuat patah semangat karena IPK minimal yang diminta adalah 3,00. Tapi setelah saya pikir-pikir, tidak ada ruginya mengirim lamaran ini untuk posisi tersebut. Tanpa disangka beberapa hari kemudian saya ditelepon untuk mengikuti interview disana. Walaupun pada akhirnya saya gagal, tapi saya menemukan sedikit kepercayaan diri karena saat interview saya sedikit mengintip catatan interviewer, dari catatan itu saya tahu hanya saya yang memiliki IPK dibawah 3,00 dan lagi beberapa kandidat lain bergelar S2.

Kemudian kesempatan tes saya dapatkan kembali saat melamar ke perusahaan otomotif di daerah sunter. IPK saya masih dibawah batas yang dibutuhkan yaitu 2,8. Tapi seperti yang lalu, tidak ada salahnya mencoba. Saya lolos sampai medical test, sebelum akhirnya saya dibiarkan tanpa kabar lebih lanjut. Kesempatan ketiga saya dapatkan ketika melamar untuk produsen sepeda motor yang katanya selalu di depan. Kebetulan tes diadakan di kampus saya dulu. Alhamdulillah saya lolos untuk interview dengan manajer. Sebenarnya interviewnya berjalan lancar dan cukup sukses, tapi saya ternyata tidak dipanggil. Dari adik kelas saya yang lolos interview tersebut alasan saya tidak dipanggil karena mereka tidak bisa memenuhi jumlah gaji yang saya inginkan.

Tapi tidak semua proses melamar kerja selalu berhasil, bahkan untuk mengikuti tes awal. Suatu ketika saya sangat bersemangat untuk melamar di Astra Daihatsu Motor, mereka sedang mengadakan acara di Bandung dan ada acara recruitmentnya. Maka berangkatlah saya ke bandung dangan membawa CV. Seperti standar Astra maka minimal IPK yang diberlakukan adalah 2,75, dan tentu saja IPK saya masih dibawah itu. Tapi berdasarkan pengalaman sebelumnya maka gak ada kata mundur. Saya diharuskan menunggu sampai maghrib untuk mengetahui siapa saja yang memiliki kesempatan tes di Jakarta. Nama saya tidak ada dalam daftar yang akan tes di Jakarta, rasanya seperti ingin membakar pengumuman tersebut. Akhirnya saya kembali ke Jakarta malam harinya, beruntung saya dapat travel ke jakarta. Terima kasih untuk sahabat saya yang sudah mengantarkan mencari-cari travel.

Sekarang saya sudah bekerja di salah satu perusahaan mainan di daerah Cikarang. Ketika saya melamar pekerjaan saya yang sekarang, IPK minimal yang dibutuhkan juga 3,00. Tapi saya berhasil membuktikan saya layak untuk diterima di perusahaan tersebut. Bahkan saya adalah kandidat urutan pertama berdasarkan hasil tes tulis dan interview. Jadi saya harap teman-teman yang memiliki IPK rendah tidak merasa kecil hati. Perbedaan pemilik IPK tinggi dan rendah adalah pada banyaknya kesempatan yang dimiliki dan banyaknya usaha yang diberikan. Dan yang berhasil adalah orang yang bisa memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang ada. Tapi dibutuhkan usaha lebih dan semangat pantang putus asa

Memang rasanya sangat sakit ketika kita hanya dilihat sebagai angka-angka di transkrip, tapi justru itulah motivasi saya. Motivasi untuk membuktikan kepada seluruh HRD yang hanya memandang angka-angka tersebut bahwa saya mampu untuk bersaing. Sebagai info, saya tidak berhasil ikut tes karena saya memiliki kenalan di perusahaan tersebut, seluruhnya saya lakukan dengan kemampuan sendiri. Mungkin ada satu hal yang saya pelajari ketika melakukan psikotest atau interview, jadilah diri sendiri dan jujur serta tidak perlu malu dengan IPK kita.sumber:ini

Comments :

0 comments to “Melamar Pekerjaan dengan IPK Rendah ( SUmber : mesinmimpi.worpress.com)”

Posting Komentar

tanggapan