Mengenai Saya

senang bisa membantu adik-adik di luar sana yang ingin kuliah..semangat! jika ada yang membutuhkan sesuatu silakan kontak saya melalui shoutbox

Pelajaran Berharga Buat Yang Mau Kuliah, Jangan Salah Jurusan!

Buat adik-adik yang masih duduk di bangku SMA, terutama yang kelas 3. Kalo kalian pengen ngelanjutin ke perguruan tinggi, perhatikan bener2 program studi yang akan kalian pilih adalah yang betul2 kalian tertarik dan sukai. Jangan sampai di tengah jalan, saat udah 1-2 tahun kuliah di sebuah program studi kalian ngerasa kalo kalian salah jurusan!
Dari pengalaman teman-temanku, ada beberapa yang pindah ke jurusan lain padahal kita udah kuliah beberapa tahun. For your information, aku sekarang udah kuliah di semester 6. Temen kuliahku udah ada yang silih berganti meninggalkan ELINS. Dari 1 tahun pertama (2 semester) ada yang pindah ke Universitas lain di Jogja, ada pula yang pindah jurusan lain di UGM meskipun cuma tahan setahun dan akhirnya pindah lagi, bahkan ada yang pindah ke Jerman. Yang paling baru adalah saat akhir semester 5, dimana kita udah kuliah 2,5 tahun, Bima menyatakan join buat hengkang dari ELINS dan pindah ke jurusan yang banyak nggambar-nggambarnya gitu… Komentarnya, “Gw selama kuliah di ELINS gak pernah peduli berapapun IP gw, walopun IP gw sekecil apapun gw cuek-cuek aja. Gw pengen kuliah, tapi yang bikin gw peduli sama IP gw, kalo gw dapet IP kecil gw harus panik…”.
tanpa disengaja, di saat yang hampir berbarengan aku sempat mendengar keluhan dari beberapa teman2 kalo mereka merasa agak salah jurusan juga. Lebih tepatnya mereka menemukan bidang yang benar2 mereka tertarik dan sukai, tentunya bukan di ELINS.
Bahkan jujur, sejak semester 2 aku udah ngerasa salah jurusan. Saat itu, ketika briefing praktikum fisika dasar II dibilangin sama ibu-ibunya,” Kalian harus merasa bangga, karena kalian yang praktikum fisika dasar II disini tahun depan akan menjadi asisten di Praktikum Fisika Dasar I di lab utama”. Ini bener2 gila! Aku yang selama SMA dari kelas 2 sempe kelas 3 paling benci dan gak ngerti fisika, bakal jadi asisten fisika dasar yang ngajar praktikum mahasiswa fakultas lain! Oh GOD…. seketika itu aku langsung berfikir harus segera hengkang dari ke ELINS dan pindah ke jurusan ekonomi yang gak ada fisikanya.
Tapi setelah aku berhasil menenangkan diri dalam waktu yang gak singkat, aku coba mengambil sisi positif dan keunggulan dari ELINS UGM. Dan setelah kupikir2 ternyata ekonomipun bukan bidang yang aku sukai sama sekali.
Namun setelah selang waktu beberapa semester, saat akhir semester 5 aku kembali merasa kalo aku salah jurusan. Aku udah kuliah 2,5 tahun. Tapi apa yang udah aku dapet??? Gak ada…! Saat temen2 udah ada yang “jadi” alias udah punya keahlian setelah kuliah, kayak bikin robot, pinter elektronika, programming, atau hal lainnya, aku belum bisa apa-apa. Aku merasa bidang yang selama ini aku bener2 tertarik dan kusukai adalah all about otomotif. Selama ini aku paling suka ngmodif motor. Juga suka nggambar desain-desain modifan motor ma mobil, dan temen-temenku selalu ngakuin kalo gambarku bagus. Dan saat itu aku merasa aku tertarik dengan jurusan Desain Produk di ITB. Kalo gak aku masuk ke teknik mesin sekalian dan konsentrasi di mesin otomotif.
Waktu aku masih SMA dulu aku ngerasa aku minat di bidang elektronika dan komputer. Jelas2 di ELINS mempelajari 2 hal itu. Tapi setelah aku lama kuliah, aku menemukan kalo aku ternyata gak bener-bener suka elektronika. Sedangkan komputer, di ELINS hal ini gak bener2 didalami dan manurutku agak ngambang dan mengharuskan mahasiswanya untuk mengembangkan sendiri bidang komputer ini karena yang dipelajari di kampus kebanyakanbenar keilmuan dasarnya bukan implementasi aja.
Aku sempat curhat ke beberapa orang, dan yang paling kuingat adalah perkataan agunk yang kuliah di SIPIL UGM. dia bilang, “emang ada jurusan lain yang kamu sukai?”, aku tentu jawab seperti di atas. Ditanggepin lagi,
“Apa kamu yakin kalo kamu ambil jurusan itu, kamu gak akan ngerasa kayak sekarang juga? Jujur aku juga sering ngerasa kayak kamu juga, sering ngerasa salah jurusan. Kadang2 aku ngerasa jenuh dan merasa gak cocok kuliah di SIPIL. Tapi aku ngerasa udah sayang banget kuliah bertahun2 kalo ditinggal gitu aja. Mungkin juga itu karena rasa bosan kita kuliah. Lebih baik kamu lanjutin aja sampe lulus, toh setelah kamu lulus nanti kamu gak harus kerja di bidang ini kok”
Ya, aku coba merenung kembali apakah kalo aku saat ini pindah ke jurusan yang aku inginkan, apakah nantinya aku gak akan ngerasa salah jurusan juga? Ataukah ini cuma karena aku yang kurang mencintai jurusanku? Atau aku yang merasa kurang nyaman dengan kondisi sekitarku yang membuatku kurang bisa terdorong untuk belajar?
Well, saat itu aku mulai menggali lagi potensi2 dari ELINS. Tujuannya apa lagi kalo gak bikin diriku mantap tetap ada di ELINS. Aku sering googling cuma cari tentang elins ugm. Mencari2 kelebihannya dan kehebatannya. Dan akhirnya aku yakin dengal langkahku untuk tetap disini. Yang penting aku harus mencari satu keahlian dari kuliah ini, aku gak harus mempelajari semua hal yang ada di kuliahku. Dan sambil aku kembangkan lagi hobiku di bidang otomotif, aku berencana mendalami belajar fiberglass yang udah aku pelajari sedikit2. Jadi semoga aja saat aku lulus nanti aku punya dua keahlian, yang satu berhubungan dengan akademis dan yang lainnya dari hobiku. Amin…
Aku gak mau perjuanganku buat meraih kursi di ELINS UGM dengan perang habis-habisan saat SMA buat lolos SPMB jadi sia-sia. Aku inget bener begitu bangganya kedua orangtuaku saat aku diterima di UGM melalui SPMB yang jelas2 peluangnya lebih kecil daripada UM UGM. Aku gak mau kebanggaan mereka kala itu harus kusia-siakan sekarang.
Langkah yang sekarang aku harus lakukan adalah coba terus naikin IPK-ku, syukur-syukur bisa menyentuh kepala 3 dan lulus maksimal banget 5 tahun. suatu target yang nggak muluk2 dan realistis buat kemampuanku, tapi aku tetap coba buat ngelampauin tergetku itu.
Sori nih buat temen2 yang baca, aku gak bermaksud bikin kalian pusing dengan tulisanku yang gak jelas ini. Aku cuma pengen curhat aja…
sumber :ini

kisah nyata seperti inilah yang bikin saya sedih, masih terlalu banyak mahasiswa seperti ini di luar sana, semoga adek-adek calon mahasiswa baru tidak perlu mengalaminya yah...supaya tidak terjadi yang tidak diinginkan baca ulasan lengkapnya disini

Comments :

0 comments to “Pelajaran Berharga Buat Yang Mau Kuliah, Jangan Salah Jurusan!”

Posting Komentar

tanggapan