Mengenai Saya

senang bisa membantu adik-adik di luar sana yang ingin kuliah..semangat! jika ada yang membutuhkan sesuatu silakan kontak saya melalui shoutbox

Tips Mencari Bahan Pelajaran di Internet


Dengan maraknya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar, “melek internet” menjadi keharusan. Pasalnya, jagat maya ini merupakan “gudang informasi” yang boleh dibilang tidak habis-habisnya. Bahkan, informasi yang tersedia terus bertambah setiap hari dalam jumlah yang fantastis.

Tentu saja tak semua data dan informasi tersebut relevan dengan materi yang sedang Anda pelajari. Demikian pula, Anda harus tetap kritis dan berhati-hati sebelum menerima sebuah data dan informasi. Anda harus memastikan bahwa sumber informasi tersebut layak dipercaya dan data yang disajikan dapat dipertanggungjawabkan.

Informasi yang Anda peroleh di internet pun sebaiknya tidak dipandang sebagai informasi yang paling benar, melainkan untuk menambah wawasan dan memperkaya bahan-bahan yang diperoleh di kampus. Sebaiknya Anda mendiskusikan kembali bahan-bahan yang Anda peroleh dengan dosen dan teman-teman Anda.

Jika Anda belum tahu harus memulai di mana di Internet, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, Situs pencari seperti Yahoo atau Google dapat menjadi awal yang baik.

Anda dapat mengetikkan kata kunci dan dalam sekejap link-link yang memuat informasi yang diinginkan akan ditampilkan. Anda dapat berlatih untuk semakin mahir menggunakan situs pencari sehingga pencarian lebih efektif dan tepat sasaran. Yahoo dan Google juga menyediakan direktori atau link khusus untuk pendidikan, yaitu Yahoo! Education dan Google Scholar. Link ini akan memudahkan Anda dalam mencari sumber-sumber informasi dan referensi yang dibutuhkan.

2. Kedua, Forum-forum diskusi, baik berbentuk board atau mailing list (milis) juga sangat bermanfaat.

Jika pencarian tipe pertama bersifat pasif--Anda hanya mencari dan membaca--pada forum diskusi Anda dapat aktif bertanya. Di milis-milis tertentu bahkan Anda dapat berinteraksi langsung dengan para pakar. Milis atau forum biasanya juga telah dipilah-pilah berdasarkan topik tertentu. Jadi, jika Anda tertarik pada politik Indonesia, Anda dapat mengikuti mailing list yang membahas topik tersebut.
3. Ketiga, Situs-situs lembaga pendidikan, terutama yang berbasis di luar negeri.

Mereka ini lazimnya telah melengkapi situsnya dengan silabus dan semacam perpustakaan elektronik yang memuat banyak terbitan ilmiah yang bermanfaat.

Masih banyak lagi sumber informasi yang bisa digali di internet. Kebiasaan berselancar (surfing) akan membuat Anda lebih memahami bagaimana memperoleh informasi yang dibutuhkan

Source:Inspiratorial Kompas 19 Juni 2008, Picture: gradesgrowtutors.com



Comments :

0 comments to “Tips Mencari Bahan Pelajaran di Internet”

Posting Komentar

tanggapan